Kamis, 22 Juli 2010

Atheis bertuhan?

Ada hal yang menarik ketika membicarakan konsep ke’tuhanan’, karena ada beberapa kelompok manusia yang mengaku tidak bertuhan alias atheis. Mereka mengatakan ‘tuhan telah mati’ atau ‘yang menciptakan tuhan adalah manusia sendiri’ ada juga yang berceloteh ‘agama adalah candu’.Benarkah orang-orang atheis tidak bertuhan?

Mari kita telusuri lebih dalam…..
Akal mencari tuhan.... ketika ide atau paham atheis ini muncul dari seorang yang bernama karl marx, dari kesimpulan dia yang melihat tirani Gerejani kala itu. Dia kecewa dan langsung menyimpulkan tanpa melihat dan membadingkan dengan keyakinan lain. ”semua agama adalah candu” ucapnya, semua yang berkaki empat adalah anjing.... padahal tidak semua binatang berkaki empat! Karl marx menuhankan akalnya.

Kalo kita lihat secara sepintas ucapan ’manusia yang menciptakan tuhan atau mengada-adakan tuhan’ mungkin akan membuat orang bingung. Sebenarnya sederhana untuk menjelaskan mengenai konsep ke’tuhanan’....
Dari teori non-automatic: artinya tidak ada yang otomatis di dunia ini, kalo orang atheis ngomong bahwa dunia ini ada dengan sendirinya maka apa mungkin komputer yang dia pake ada dengan sendirinya juga? Adanya ciptaan berarti ada yang menciptakan/ Pencipta! Ini yang harus di perhatikan. Ada yang bertanya; terus siapa yang menciptakan tuhan? Apakah manusia? Atau tuhan itu sendiri? Terus dimana tuhan?

Jawaban dari pertanyaan ’nakal’ tadi adalah: antara ciptaan dan Pencipta tentu berbeda, lihat tukang kayu, kursi ciptaan dia tidak sama dengan Penciptanya. Kursi ya tetep kursi, tukang kayu ya tetep tukang kayu. Artinya tuhan tidak akan sama dengan mahluk yang di ciptakan, dan tuhan tidak mungkin menciptakan dirinya sendiri atau Pencipta sekaligus ciptaan. Tuhan ada sebelum kata’ada’ itu ada!!! Terus dimana tuhan? Jawabannya adalah dari teori relatifitas, kalo di tanya ’dimana?’ berarti tuhan terbatas/ relatif, terbatas pada ruang. Tuhan tidak boleh terbatas! Dia adalah Maha segala-galanya. Tuhan tidak memerlukan tempat, ruang dan waktu!!!

Dalam hal ini ayat Al Quran menjelaskan dengan singkat dalam surat Al Ikhlas ayat 1-4.
1.Katakanlah (Muhammad), ”Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. 2.Allah tempat meminta segala sesuatu. 3.(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. 4.Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.
Untuk agama atau keyakinan lain (di luar Islam), bisa dikatakan manusialah yang menciptakan tuhan, lihat saja kristen: Paus yang mengangkat yesus jadi tuhan, atau budha yang mengangkat anak raja yang bernama sidarta gautama jadi tuhan, atau hindu yang mewujudkan berhala-berhala/ dewa-dewa jadi tuhannya. Tapi Islam tidak sama, umat Islam tidak menyembah ka’bah, itu hanyalah media arah untuk sholat. Allah tuhan semesta alam, Dia-lah yang menciptakan langit, bumi dan seisinya! Yang mematikan dan Yang menghidupkan! Dia tidak membutuhkan mahluk!
Dan sekarang lihatlah para atheis yang ’keranjingan’ menuhankan akal/ nafsu dalam otaknya! Mereka/ atheis menyangkal tidak bertuhan, justru merekalah yang menciptakan tuhan. Sebuah bentuk kebodohan/ kejahiliyahan: manusia qo’menciptakan tuhan??

Tidak ada komentar: